KAMPUNG SEHAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI MASYARAKAT

Foto untuk : KAMPUNG SEHAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI MASYARAKAT

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat, secara umum dan Sarmi Sehat khususnya, maka Puskesmas Distrik Sarmi melaksankan program pendekatan dengan upaya pembentukan Kampung Sehat di beberapa kampung dalam wilayah pelayanannya, diantaranya Kampung Amsira, Neidam dan Liki-Armo.

Pencanangan  Program Kampung sehat di wilayah pelayanan Puskesmas Sarmi ini sering dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan kedepan akan tumbuh generasi Sarmi yang Sehat dan cerdas  dari Kampung.

Program Kampung sehat sudah di mulai sejak tahun 2017.dengan lokasi fokus kegiatan adalah Kampung Amsira, sebagai pilot project di kampung Amsira. Pemilihan  Kampung Amsira sebagai Pilot Project Kampung Sehat agar Masyarakat di Kampung ini dapat  memulai merubah perilakunya untuk selalu mengedepankan pemeliharaan Kesehatan bagi diri sendiri, diharapkan masyarakat kampung dapat tanggap terhadap masalah-masalah kesehatan.

Prioritas Kampung Sehat pada beberapa pelayanan diantaranya eleminasi penyakit malaria, perbaikan sanitasi.lingkungan focus peningkatan gizi bagi bayi balita dan bumil dan ibu hamil, Lansia  dan Penyakit Tidak Menular (PTM), demikian diungkapkan oleh John Z. Sosomar,SKM, kepada Promkessarmi.id.

Lebih lanjut disampaikan bahwa hingga kini Puskesmas Sarmi telah mengembangkan Kampung Sehat menjadi 3 (tiga) kampung, dan kedepan diharapkan akan menyusul kampung –kampung lainnya sehingga Distrik Sarmi dapat dijadikan sebagai Distrik Sehat.

Sesungguhnya ini harapan kami kedepan, dan untuk menjadikan  masyarakat hidup sehat membutuhkan peran serta kita bersama sebagai pemangku kepentingan untuk memberikan edukasi yang baik terkait Kesehatan kepada masyarakat agar nantinya masyarakat sadar dan mau merubah perilaku hidupnya dengan perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (DH)

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting