5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh, Penuhi Asupan dengan Benar

Foto untuk : 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh, Penuhi Asupan dengan Benar

Manfaat vitamin C begitu banyak dan beragam bagi tubuh manusia. Sejak dulu, vitamin C dikenal memiliki banyak kegunaannya bagi tubuh, seperti untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan. Baik itu dari asupan makanan dan juga terdapat pada suplemen, yang tentunya sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

Vitamin C atau yang biasanya disebut dengan asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang mudah larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Namun Anda bisa mendapatkan asupan manfaat vitamin C ini dari mengonsumsi berbagai buah dan sayur ataupun suplemen.

Umumnya, rekomendasi asupan harian vitamin C adalah sekitar 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Vitamin C ini diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh.

Vitamin C juga memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Kalau kebutuhan vitamin C di dalam tubuh Anda sudah tercukupi, maka banyak manfaat vitamin Cyang ternyata bisa Anda rasakan.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini juga yang mudah larut dalam air yang tentunya dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, dan proses reparasi tubuh melalui perannya dalam metabolisme kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting bagi pembentukan kulit, tendon, ligament, dan pembuluh darah.

Jadi tak perlu diragukan lagi manfaat vitamin C ini bagi tubuh, soalnya hal ini juga sudah didukung oleh banyak sekali penelitian dan studi. Beberapa sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, seperti fagosit dan sel T, membutuhkan vitamin C untuk dapat berfungsi secara optimal.

Penelitian lain menemukan bahwa orang yang kekurangan kadar vitamin C dalam tubuhnya menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit tertentu. Mulai dari flu hingga infeksi saluran pernapasan atas.

Vitamin C juga memiliki peran dalam proses perbaikan luka pada tulang, tulang rawan, gigi, dan gusi. Vitamin C juga berperan dalam menyokong dinding epitel sel terhadap berbagai patogen dan radikal bebas.

Salah satu radikal bebas yang berasal dari luar tubuh yang biasa ditemui adalah polusi. Polusi dapat merusak sel-sel tubuh dan menjadi racun bagi tubuh. Bagian tubuh yang paling pertama terserang polusi adalah kulit.

Nah, manfaat vitamin C disini dapat membantu kulit untuk menyingkirkan radikal bebas tersebut sekaligus melindungi sel-sel kulit. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, maka Anda harus mendapatkannya dari luar seperti melalui makanan dan suplementasi.

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan demikian, vitamin ini sangat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit.

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat mengakibatkan kerusakan struktur sel-sel di dalam tubuh. Antioksidan di dalam vitamin C inilah yang nantinya berfungsi sebagai penstabil molekul tersebut, sehingga mencegahnya merusak struktur sel.

 

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting