Menjadikan Pola Hidup Sehat sebagai Gaya Hidup

Foto untuk : Menjadikan Pola Hidup Sehat sebagai Gaya Hidup

Pola hidup sehat kini menjadi trend baru yang terus digelorakan agar masyarakat menjadi sadar akan pentingnya kesehatan. Tidak kurang Kementrian Kesehatan pun ikut memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Yang jadi masalah adalah bagaimana sih cara hidup sehat itu? 

Perilaku hidup sehat memang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Begitu juga pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya harus didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Inilah yang menjadi fokus pemerintah untuk mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat. Makanya Hari Kesehatan Nasional kali ini bertemakan"Indonesia Cinta Sehat". Untuk itu tak salah jika dalam beberapa tahun terakhir ini saya begitu concern dengan masalah kesehatan. Ini tidak lain karena saya ingin hidup sehat, berharap saya bisa hidup lebih lama tentunya.

Apa enaknya hidup berumur panjang tapi sering sakit-sakitan? Harta yang berlimpah seakan tidak bisa dinikmati kalau pemiliknya sering keluar masuk rumah sakit. Itulah sebabnya banyak orang menganggap bahwa sehat itu mahal. Padahal justru sebaliknya sakit itu mahal harganya. Kekayaan yang berlimpah seakan tidak bisa untuk membayar kebutuhan  semua pengobatannya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sejak dini sebelum sakit. 

Hal ini karena banyak penyakit justru bersumber dari gaya hidup yang buruk dari diri kita sendiri. Pola hidup semacam ini terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang berulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Apabila kebiasaan buruk tersebut  terus menerus dilakukan, maka berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah menyerang kita.

Ada beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan. Informasi ini saya peroleh dari para pakar kesehatan ketika saya mengikuti Seminar Nasional di Kementrian Kesehatan beberapa hari yang lalu. Penasaran bagaimanakah cara hidup sehat itu? Berikut beberapa langkah untuk menuju pola hidup sehat yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Ketahui kondisi kesehatan diri sendiri saat ini

Survei membuktikan hampir 70 % lebih orang akan mengubah pola hidupnya setelah mengalami sakit. Hal ini sebenarnya langkah yang salah dan harus kita hindari sedini mungkin. Memeriksakan diri sebelum sakit tidak hanya berguna untuk memantau kesehatan, tetapi berguna supaya dokter bisa menangani penyakit yang mungkin akan membahayakan diri di kemudian hari nanti. Oleh sebab itu, luangkahlah waktu secara berkala untuk konsultasi ke dokter.

Hmmm, itulah yang saya lakukan setiap menghadiri berbagai acara. Saya selalu mencoba memanfaatkan kesempatan untuk memeriksakan kesehatan di booth Kesehatan. Alhamdulillah hasil test kesehatan yang saya peroleh pada acara Kompasiana Coverage: Unlock Your Weekend Healthy Living,  Fun Bike #PopUpPlayground yang diadakan di Summarecon Mall, Bekasi semuanya normal. Baik itu hasil untuk test gula darah, kolesterol dan asam urat. 

Suatu kebahagiaan tersendiri tentunya melihat hasil test kesehatan itu normal. Apalagi mengingat saya mempunyai keturunan keluarga yang mempunyai kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi. Makanya saya berusaha agar apa yang terjadi dalam keluarga saya tidak terjadi pada saya.

2. Lakukan kegiatan fisik (olahraga)

Pertanyaannya, apakah kita sering berolahraga? Atau justru aktivitas sehari-hari kita didominasi dengan duduk mengetik di depan komputer sepanjang hari tanpa ada aktivitas fisik?

Sebenarnya ada banyak jenis olahraga yang bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya: jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. Saya sendiri akhir-akhir ini lebih senang melakukan olah raga jalan kaki atau senam, terutama senam untuk Osteoporosis dan Senam Diabetes. Bagi saya senam lebih menyenangkan sebagai aktivitas fisik saya sehari-harinya. Yang penting kegiatan olah raga itu terukur dan teratur. 

3. Pilih makanan yang tepat

Semua orang pasti pernah mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Yup, menu tersebut sudah diteliti oleh para pakar kesehatan, dan dinyatakan sebagai makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Hal itu karena menu 4 sehat 5 sempurna sudah mempunyai kandungan vitamin, protein, serat, sampai mineralnya. Oleh karena itu memilih makanan yang sehat ini bagi saya wajib hukumnya, bagi orang yang ingin menjalani pola hidup sehat.

4. Hindarilah kebiasaan buruk

Disamping memilih makanan yang tepat, kita juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk agar pola hidup sehat bisa terwujud dengan baik. Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis, berlemak, begadang, dsb.

5. Mengelola stres

Berangkat kerja setiap pagi serta pulang malam tentunya membuat stres yang tak terhindarkan, apalagi ketika kerjaan di kantor menumpuk. Jika kita tidak bisa mengelola stres dengan baik kondisi semacam ini akan sangat mudah menyebabkan depresi.

Untuk mengelola stres sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan. Misalnya kita mencoba mengambil waktu luang untuk berileksasi, yoga, meditasi, atau bahkan menjalani hobi yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk kerja.

6. Istirahat cukup dan teratur

Idealnya para pakar kesehatan menyarankan agar kita tidur yang cukup dalam sehari. Istirahat cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Oleh sebab itu, mulai sekarang berusaha untuk mempunyai kebiasaan tidur yang cukup. Hal ini karena badan kita memerlukan hak untuk beristirahat untuk memulihkan tenaganya kembali. 

Selain mencukupi waktu tidur, usahakan tidur dan bangun dengan jam yang sama setiap harinya. Ini sangat penting agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja.

7. Perbanyak minum air putih

Pada dasarnya tubuh kita terdiri lebih dari 80 % cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya dehidrasi yang berujung pada penyakit. Sebelum tubuh sakit, lebih baik penuhi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Sebuah penelitian di Chicago University membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi kebutuhan minum yang cukup, mereka memiliki sistem kekebalan lebih baik dari yang jarang mengonsumsinya. Dengan demikian, air putih dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit.

8. Menjaga kebersihan

Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadikan pola hidup sehat yang paling ampuh. Untuk itu mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, dan sebagainya, karena bakteri dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor.

Itulah sekelumit yang bisa saya tuliskan untuk membiasakan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Saya sendiri berusaha untuk menjalaninya, tidak lain semua itu untuk saya bisa saya nikmati di kemudian hari. Bagi saya membiasakan pola hidup sehat tidak ada bedanya dengan berinvestasi untuk masa depan. Memang berat pada awal menjalaninya, tapi kalau hal itu sudah menjadi kebiasaan dan menjadi gaya hidup, niscaya semua terasa mudah. Bahkan apabila kita lupa, terasa ada sesuatu yang kurang dan minta dipenuhi hak-haknya.

Semoga kita bisa menyebarkan virus pola hidup sehat, sehingga bisa menumbuhkan masyarakat Indonesia yang sehat 

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting