Ratusan Siswa SD YPK Elim Bagaiserwar mengikuti Penyuluhan Germas

Foto untuk : Ratusan Siswa SD YPK Elim Bagaiserwar mengikuti Penyuluhan Germas

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Sie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sarmi, melalui Kegiatan Penyuluhan Langsung Tahun 2018, mulai melaksanakan kegiatan Penyuluhan  dan upaya ini diharapkan nantinya akan berdampak terhadap perubahan perilaku hidup masyarakat.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar. GERMAS merupakan gerakan nasional demikian disampaikan Penanggung Jawab Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sarmi Dorlina RL. Haay,S.Kep, Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini tentunya harus  mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam memasyarakatkan paradigma sehat. untuk mewujudkan SARMI SEHAT, GENERASI CERDAS.

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting