Tetap SEHAT menhadapi Bulan Kampanye PEMILU

Foto untuk : Tetap SEHAT menhadapi Bulan Kampanye PEMILU

Bagi banyak orang, musim kampanye pemilihan umum (Pemilu)—Legislatif dan kepala negara—memang sangat memusingkan. Semua serba nonstop: dari kampanye, liputan media massa, turun ke lapngan menemui simpatisan, sampai debat kandidat.

Andaipun keriuhan Pemilu semakin dekat, Anda harus tetap sehat dan fokus. Agar energi dan performa tetap optimal, promkessarmi.id, menyarankan lima cara berikut yang bisa dipraktekkan di mana saja.


Jaga Keseimbangan dalam 16 Detik
 

Tutup mata. Tarik dan buang napas secara normal dua atau tiga helaan. Berikutnya, bernapas enam helaan. Bila kesulitan menarik napas panjang, tahan sejenak helaan napas empat detik. Lalu, buang napas perlahan.

Ulangi latihan ini perlahan hingga enam kali. Lalu, buka mata, dan lanjutan kegiatan. Tubuh dan pikiran memicu adrenalin dan cortisol (hormon stres). Ada manfaat yang didapat tubuh saat menyurutkan keduanya.

Latihan menarik dan membuang napas empat hingga enam kali per menit ini dapat menyeimbangkan sistem saraf. Juga membuat lebih tenang dan fokus. Setidaknya menghindarkan anda dari gangguan kesehatan fisik.

 

 
 


Goyangkan Badan
 

Bagaimana caranya agar tubuh tetap bergerak di sela kesibukan (dan keriuhan kampanye Pemilu)? Naik turun tangga saja. Gerakan disela interval dengan lompatan. Putar musik dan bergoyang seolah tak ada yang memperhatikan.

Latihan kardio memberikan tiga manfaat: melepas endorphin dan serotonin, mengaktifkan sistem otak. Ini juga meredakan stres dan mengurangi penurunan kognitif. Pada saat yang sama, pun membangun fokus dan daya tahan.

Jika kantor anda tidak memiliki tangga, bisa berjalan cepat menyusuri trotoar atau koridor. Pasang timer dan mulai lah bergerak.

(dh)

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting