Transportasi salah satu faktor penentu Kualitas Pelayanan Kesehatan

Foto untuk : Transportasi salah satu faktor penentu Kualitas Pelayanan Kesehatan

Masalah biaya pengobatan yang mahal dan juga kesempatan mendapatkan pengobatan bukan jadi satu-satunya masalah dalam dunia kesehatan. Akses jalan dan transportasi yang sulit ternyata merupakansalah satu factor penghambat dalam pemenuhan layanan kesehatan yang baik di daerah terpencil dan pedlaman di Kabupaten Sarmi.

demikian ungkap penanggungjawab seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sarmi Dorlina R.L. Haay,S.Kep, dalam rangkaian kegiatan pelatihan Kader Kesehatan Masyarakat dan Pengembangan UKBM di Samanente Distrik Tor Atas, Kabupaten Sarmi Papua.

 
Secara umum kondisi geografis Papua masih tergolong sulit untuk mengakses distrik dan kampong-kampung yang berada jauh di pedalaman. Pembangunan Sarana dan prasarana jalan, jembatan dari dan ke ibukota distrik butuh perhatian bersama.

Karena dengan terhubungnya transportasi antar kampug dan ibukota distrik maka pelayanan kesehatan kepada masyarakatpun akan semakin cepat dan mudah.

 

"Masalahnya adalah bagaimana masyarakat itu dapat sampai ke Fasilitas Kesehatan, dengan cepat sementara akses ke Fasilitas Kesehatan sangat sulit ? Sulitnya akses membuat biaya transportasi menjadi mahal dan bagaikan momok yang menakutkan."Bahkan bias saja jauh lebih mahal biaya akses transportasi ke Fasilitas Kesehatan daripada biaya berobat di Pasien/Masyarakat," ungkap Dorlina.

Sikda
Pusdatinkes
E-Budgetting